Notice: Use of undefined constant id - assumed 'id' in /home/fkmupria/public_html/content/detailberita.php on line 12

Notice: Use of undefined constant tanggal - assumed 'tanggal' in /home/fkmupria/public_html/content/detailberita.php on line 13

FKM UPRI MAKASSAR USULKAN PROGRAM STUDI MAGISTER KESEHATAN MASYARAKAT

Kemampuan SKM yang ada sekarang ini relatif masih kurang dibandingkan dengan tuntutan akan penyelesaian masalah-masalah kesehatan. Indikator yang jelas diperlihatkan dengan mengamati kecenderungan angka insiden dan prevalensi penyakit menular seperti DBD, diare, dan ISPA yang semestinya mengalami penurunan, namun pada daerah-daerah tertentu justru mengalami peningkatan yang pesat, bahkan tidak jarang berakhir dengan kematian. Padahal, tenaga kesehatan dengan kualifikasi maksimal S1 dan umumnya D3 sudah tersedia. Fakta ini menandakan bahwa kualifikasi dari tenaga kesehatan penting untuk ditingkatkan meskipun faktor penyelesaian masalah tidak hanya ditimbulkan secara deterministik oleh keberadaan dari tenaga kesehatan tersebut. Demikian yang dipaparkan oleh Bapak Dr. Arlin Adam, SKM, M.Si dalam persentasenya untuk pengusulan pembukaan program studi magister kesehatan di Kopertis Wilayah IX.

Lanjut Bapak Dr. Arlin Adam, SKM, M.Si, yang juga selaku dekan pada Fakultas Kesehatan Masyarakat UPRI, pada persentase tersebut mengatakan bahwa Program studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) Makassar merasa terpanggil untuk turut serta memikirkan dan menemukan cara pemecahan yang strategis. Cara strategis adalah memperkuat kembali keberadaan ilmu-ilmu kesehatan masyarakat dan diberi peranan penting untuk  melakukan penyembuhan sosial, seperti keberadaan dan peranan ilmu sains di dalam memajukan teknologi.

Setelah tahapan persentase yang dilakukan pada tanggal 16 Agustus 2017, pihak dari Kopertis Wilayah IX yang dihadiri langsung oleh Koordinator Kopertis Ibu Prof. Dr. Ir. Hj. Andi Niartiningsih, M.P mengatakan bahwa pihak Kopertis sangat menyambut baik dengan usulan tersebut, dan berharap komitmen dari pihak UPRI agar terus terlibat dalam hal peningkatan kualitas pembangunan kesehatan sekarang ini yang menitikberatkan pada upaya pemberdayaan masyarakat sebagai strategi utama dalam mencapai keberhasilan pembangunan. Lanjut Ibu Koordinator Kopertis Wilayah IX mengatakan akan segera untuk mengeluarkan rekomendasi L2 usulan pembukaan program studi, sebagai bagian dari persetujuan wilayah sebelum dialihkan kepada pihak DIKTI.

Dalam kegiatan persentase tersebut, turut hadir Bapak Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah IX, dan juga dihadiri oleh unsur Rektor dan Wakil Rektor lingkup Universitas Pejuang Republik Indonesia. (nadhir-ado) 

Alamat

  • Alamat: Jalan Gunung Bawakaraeng No. 72, Makassar
    Sulawesi Selatan - Indonesia
  • Email: support@fkm-upri.ac.id
  • Website: www.fkm-upri.ac.id
  • No Telepon: (0411)-3635438