Notice: Use of undefined constant id - assumed 'id' in /home/fkmupria/public_html/content/detailberita.php on line 12

Notice: Use of undefined constant tanggal - assumed 'tanggal' in /home/fkmupria/public_html/content/detailberita.php on line 13

KELAS KAJIAN SOCRATES METHODE, KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BARU MAHASISWA FKM UPRI MAKASSAR

MAKASSAR - Civitas Akademik FKM UPRI Gelar Kegiatan Kelas Kajian Socrates Methode yang dilangsungkan di aula FKM UPRI tepatnya di kampus satu Universitas Pejuang RI Makassar jalan Gunung Bawakaraeng hari ini tanggal 18 Nopember 2018.

 

Kegiatan ini di buka langsung oleh Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UPRI Assoc. Prof. Dr. Arlin Adam, SKM, M. Si yang di dampingi oleh wakil dekan III FKM UPRI Andi Alim, SE, SKM, M. Kes. Kegiatan ini dihadiri oleh civitas akademik FKM UPRI yang bertujuan untuk melakukan kajian-kajian ilmiah agar terbentuk penalaran yang baik terhadap mahasiswa FKM UPRI.

 

Arlin Adam dalam pengantarnya mengatakan “penalaran itu penting untuk mahasiswa, disitu memang akan kelihatan ketika mahasiswa berbicara itu disertakan dengan nalar sehingga kelihatan jelas, kalau mahasiswa dari UPRI itu pasti lebih kaya terbentuk. Pasti penalaranya bagus. Pasti pendapatnya tersistimatis karena memang didukung oleh data baik data kuantitaif maupun data kualitatif”

 

Penalaran mahasiswa tidak bisa terbentuk dengan baik kalau hanya sekedar mengandalakan face to facemahasiswa dengan dosen karena waktu pembelajaran yang sangat singkat bahkan sering terjadi relasi kuasa antara dosen dengan mahasiswa sehingga daya penalaran tidak terbentuk dengan baik.

 

“Nah, inilah dasarnya sehingga kita memikirkan. Tidak akan mungkin terjadi penalaran yang baik kalau hanya mengandalakan face to facedosen dengan mahasiswa yang trans. Mengapa, face to face mahasiswa di dalam kelas itu bersifat kontestual hanya bersifat materi, kajian-kajian materi per materi dan waktunya juga itu tidak terlalu efektif dalam membentuk penalaran mahasiswa. Artinya efektif tetapi kita membutuhkan satu suplemen dan biasanya kalau face to face dosen itu ada semacam relasi kuasa, mahasiswa dan dosen itu kadang-kadang kalau di ikat dengan mata kuliah itu, ilmiah tendensinya agak berkurang karena harapannya mahasiswa mau lulus kuliah”. Ungkap Dosen S3 Sosiologi UNM ini

 

Dekan FKM UPRI berharap agar kegiatan ini menjadi sebuah tradisi di lingkungan FKM UPRI akan tetapi keluarga mahasiswa belum bisa mengembangkan inisiatifnya sehingga perlu adanya rekonstruksi manajemen agar tradisi ini bisa dilaksanakan oleh civitas akademik.

 

“kalau ini tidak adajhi istilah kelulusan. Paling-paling hanya persyaratan apa tadi yang mau ditanda tangani, sebenarnya kalau saya shi, tidak perlu ada gaya belajar seperti itu, Kalau hanya sekali-dua kali kegiatan itu juga tidak efektif membentuk penalaran kita, Cuma kita kelihatnya belum bisa mengembangkan inisiatif sehingga perlu kita lakukan konstruksi manajemen Untuk menggirng mahasiswa kesana agar supaya betul-betul kegiatan ini menjadi sebuah tradisi” Harapanya.

 

Kegiatan ini dikemas dengan nama kelas kajian socrates methode. Socrates adalah seorang filsafat, filsafat yang berarti landasan ilmu atau mother of saints (induk daripada ilmu pengethuan). Socrates dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dia selalu bertanya dengan menggunakan metode yang disebut kesanksian yang selalu bertanya apa, mengapa, bagaimana, untuk apa. (Hilman/rls))

Alamat

  • Alamat: Jalan Gunung Bawakaraeng No. 72, Makassar
    Sulawesi Selatan - Indonesia
  • Email: support@fkm-upri.ac.id
  • Website: www.fkm-upri.ac.id
  • No Telepon: (0411)-3635438